Custom Search

Ini yang Perlu Anda Tahu Tips Jual Beli Online Agar Laku Keras


Makassar Jual Beli - Dalam menjalankan kegiatan usaha setiap orang tentu ingin agar barang yang dijual atau barang dagangannya laku keras tanpa ada satupun yang tersisa. Jika Anda juga salah satunya yang tertarik untuk mulai berdagang atau menjalankan suatu bisnis yang ada kaitannya dengan menjual suatu barang dagangan, agar barang dagangan Anda laku keras baiknya Anda menjualnya secara online.

Mengapa perlu menjualnya secara online? Dengan Anda melakukan jual beli online pangsa pasar yang akan melihat barang dagangan Anda adalah seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai di luar negeri tanpa terhalang oleh kota, daerah atau yang lainnya sehingga akses jual beli Anda akan tanpa batas. Tentunya dengan demikian potensi orang yang membeli barang dagangan Anda juga dari berbagai daerah dan banyak sekali jumlahnya. Anda bisa mulai menerapkan strategi promosi baik itu melalui instagram, melalui bbm atau yang lainnya sebagai langkah awal mengonlinekan usaha Anda. Berikut beberapa tips jual beli online agar laku keras yang penting untuk Anda tahu.


Tips Jual Beli Online Agar Laku Keras

Riset produk yang akan dijual terlebih dahulu

Tips pertama yang harus Anda pertimbangkan jika ingin menerapkan jual beli secara online dan ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal baiknya Anda lebih dulu melakukan riset produk. Anda bisa menjual produk dengan cara melihat kebutuhan Anda sendiri seperti halnya baju, kosmetik, makanan kering ringan, sepatu, sandal dan lain sebagainya. Setelah Anda mengetahui produk yang tepat yang akan Anda jual kemudian Anda bisa mencari informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Semisal tentang tips atau cara jualan baju online dan yang lain sebagainya. Dengan melakukan riset produk target market akan jauh lebih tepat sasaran nantinya.

Cari alasan mengapa seseorang harus membeli produk Anda

Jika memang Anda sudah tahu bahwa produk yang Anda jual sangat dibutuhkan oleh publik, nantinya Anda dengan mudah dapat meyakinkan pelanggan bahwa barang yang Anda jual pas dan besar manfaatnya untuk mereka. Karena itu ada baiknya sebelum Anda menjual produk baiknya Anda pikirkan apakah produk itu memang banyak peminatnya dan memang dibutuhkan oleh publik.
Dengan menyediakan produk yang sangat dibutuhkan oleh publik nantinya tak akan mudah untuk Anda mencari alasan mengapa seseorang wajib membeli produk Anda dimana hal ini akan berkaitan erat dengan langkah promosi yang dapat Anda lakukan terhadap penjualan produk Anda tersebut.

Batasi jumlah produk yang akan Anda jual

Ada banyak orang yang berpikir bahwa lebih banyak produk yang dijual lebih baik hasilnya karena semua orang bisa langsung masuk ke toko online tersebut. Misalkan sebuah toko online menjual produk baju, tas, sepatu dan obat – obat penghilang jerawat. Semua orang yang butuh baju, tas, sepatu dan obat penghilang jerawat bisa masuk ke toko online tersebut. Benarkah demikian?
Memang logikanya demikian akan tetapi Anda harus tahu bahwa cara ini sangat tidak efektif. Ketika Anda memberikan terlalu banyak pilihan konsumen dan calon konsumen akan merasa bingung dan bisa – bisa mereka mengalami gagal fokus untuk membeli produk yang mana. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Prof. Sheena Iyengar.
Sebuah penelitian tentang hal tersebut pernah dilakukan. Penelitian dilakukan dengan cara menjual selai pada dua hari dimana masing – masing dilakukan pada hari sabtu. Di hari sabtu pertama profesor menjual 24 macam selai sementara di hari kedua profesor hanya menawarkan 6 macam selai. Hasilnya di sabtu pertama banyak pengunjung yang tertarik melihat dan mencicipi namun tidak membeli sementara di hari sabtu kedua lebih dari 60% pengunjung yang datang membeli selai dengan rasa yang berbeda – beda.
Satu hal yang harus diperhatikan adalah ketertarikan pengunjung tidak selalu selaras atau seharmoni dengan minat mereka untuk membeli. Untuk mengantisipasi hal semacam ini, ada beberapa cara mengaplikasikan yang tepat diantaranya sebagai berikut :
  • Ada baiknya Anda buat kategori pada bar navigasi untuk memudahkan pencarian karena intinya pelanggan yang datang ke sebuah toko online tidak mau ribet. Mereka ingin mendapatkan display yang mudah termasuk ketika berbelanja secara online di toko online.
  • Tampilkan produk paling populer dan terbaru pada homepage dengan tetap membatasi jumlah new released product. Trik ini merupakan salah satu trik dan tips jual beli online agar laku keras. Trik ini juga cukup jitu dalam menarik minat klien karena pada umumnya public akan tertarik untuk membeli produk dengan label dua kata yaitu terbaru dan terpopuler. Hal ini berarti bahwa produk yang Anda tampilkan sedang up to date dan diminati oleh lebih banyak orang.
  • Anda tentu juga sudah sering mendengar istilah “recommended or similar product and the supporting products are available”. Ada baiknya untuk Anda membuat up sell dan cross sell utamanya pada halaman produk website online Anda. Di bagian ini nantinya Anda bisa menampilkan suatu produk yang sama akan tetapi dengan fitur yang berbeda sebagai pilihannya. Atau Anda juga bisa melengkapinya dengan product pendukung seperti aksesoris. Ketiga hal ini akan membuat sebuah toko online ramai dengan pengunjung karena pada dasarnya konsumen tidak ingin dipusingkan dengan demikian akan lebih banyak pilihan yang membingungkan.

Promosi melalui social media

Tips jual beli online selanjutnya yang harus Anda pahami dan sangat disarankan untuk Anda terapkan jika ingin agar produk yang Anda jual laku keras adalah baiknya Anda lakukan promosi di sosial media. Anda bisa membuat sebuah akun sosial media khusus untuk bisnis online Anda. Beri nama akun yang berbau bisnis kemudian tampilkan produk yang memang ingin Anda jual lengkap dengan fitur didalamnya. Strategi seperti ini sedikit banyak akan dapat menjaring minat teman – teman dekat Anda yang kebetulan sedang aktif di sosial media untuk membeli produk yang Anda jual. Dan peluangnya tentu akan sangat besar karena Anda bisa berpotensi untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah.
Sosial media adalah tempat yang nyaman untuk berburu produk di era modern ini dan seluruh lapisan masyarakat baik didalam negeri dan diluar negeri sangat suka menggunakan sosial media untuk berburu produk. Karena itu pasar sosial media akan sangat menunjang dan mendukung keberhasilan produk yang Anda jual. Intinya berdayakan sosial media dengan sebaik mungkin.

Promosikan produk yang Anda jual melalui web

Jika Anda merasa kurang puas melakukan promosi melalui sosial media karena tidak bisa memberikan penjelasan produk Anda secara detail, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat sebuah blog baru yang dikhususkan untuk bisnis online Anda. Disana Anda bisa kategorikan produk yang Anda jual dan kemudian menampilkan fiturnya secara lebih rinci sehingga klien akan tertarik dengan produk Anda. Lalu bagaimana agar web Anda dikenal? Memang kendala jika Anda membuat sebuah web adalah Anda tidak dapat mencari followers manual seperti halnya ketika Anda menggunakan instagram atau sosial media lainnya. Melainkan Anda harus paham pedoman SEO yang benar. Baik itu SEO offpage atau SEO onpage akan sangat menunjang keberhasilan promosi Anda melalui sosial media.
Karena itu pahami pedoman SEO jika memang Anda ingin membuat sebuah blog yang potensial untuk bisnis Anda dan mendatangkan banyak pengunjung. Dengan membuat sebuah web akan ada dua nilai yang Anda dapatkan. Nilai keuntungan yang pertama adalah Anda bisa memperkenalkan produk Anda secara lebih intens dan nilai yang kedua konten – konten tersebut sangat berpotensi untuk didaftarkan adsense. Sehingga nantinya akan ada dua keuntungan yang Anda dapatkan. Sangat menarik bukan?

Pilih sistem bisnis online yang tepat

Jika memang Anda seorang pemula yang sedang berusaha untuk membuka peluang usaha sampingan, jangan Anda terburu – buru mengeluarkan modal cukup banyak dengan menjadi owner dari semua produk yang Anda jual. Anda bisa memahami dulu marketing online lebih jauh dengan cara menjadi reseller atau dropshipper lebih dulu.
Jika di kemudian hari setelah menjadi reseller atau dropshipper kemudian Anda paham peta pemasaran yang tepat, Anda juga paham dengan karakter dan kebiasaan pengunjung serta cukup modal (hindari mendapatkan modal dengan cara utang yang berlebihan) selanjutnya Anda bisa mengembangkan bisnis online Anda menjadi owner pribadi. Anda bisa mempromosikan produk Anda sendiri yang tentu memiliki nilai keuntungan yang jauh lebih banyak.

Menjalankan marketing online dengan efektif dan efisien

Menjalankan marketing online secara efektif dan efisien memang sangat penting dalam menunjang kelancaran bisnis online Anda. Cara melakukan marketing online yang efektif adalah dengan Anda berprinsip pada ketiga hal berikut ini diantaranya :
  • Berjualan tetapi tidak menjual. Sebagai pemilik produk, Anda bisa melakukan langkah promosi produk dengan cara memainkan logika klien. Anda bisa memahami dari permasalahan apa yang diutarakan. Cara agar mengetahui permasalahan apa yang diutarakan mereka tentu bukan dengan bertanya satu persatu kepada klien Anda tersebut. Karena hal ini tentu akan menguras waktu Anda. Anda bisa mencari trend yang sedang digandrungi banyak orang. Anda bisa search di google dan mendapatkan informasi tentang hal tersebut. Disini nantinya Anda bisa masuk sebagai seorang problem solver dengan bahasa yang lebih halus dan tidak terkesan memaksakan. Pelajari hal ini agar usaha online yang Anda jual bisa berada di hati peminat dan laku keras.
  • Anda juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk prospek klien. Jika Anda tidak tepat dalam memprospek klien tentu hal ini dapat berakibat fatal yaitu klien akan menjadi bad mood dan tidak menutup kemungkinan Anda akan kehilangan pelanggan.
  • Anda juga harus dapat mengarahkan klien untuk membeli produk Anda dengan menanyakan “Anda pilih mana?” Hindari menanyakan “Anda mau beli atau tidak?”. Berikan pilihan karena ini adalah kunci yang dapat mengarahkan mereka untuk membeli sebagai ending dari proses negosiasi antara Anda dan klien.
Itulah beberapa tips jual beli online agar laku keras yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi. Terapkan dan kesuksesan bisnis online akan Anda dapatkan.

0 Response to "Ini yang Perlu Anda Tahu Tips Jual Beli Online Agar Laku Keras"

Post a Comment

Tag

AC (3) Acer (13) Advance (1) Agen Pulsa (1) Aksesoris (7) Aksesoris HP (1) Aksesoris Kamera (2) Alat Mobil (1) Alat Motor (4) Alat Musik (3) Alat Pemadam Kebakaran (1) Android (53) Andromax (1) Artikel (2) Asus (7) Axioo (3) Baju (5) Batu Cincin (1) Batu Giok (1) Beat (1) Behel (1) Bisnis (6) Bisnis Online (3) Blackberry (3) Blog (1) Buah (1) Byson (1) Celana (2) Changer (1) Dangkot (1) Desain (1) Dispenser (1) Distro (1) Dokumentasi (1) Donat (1) DVD (1) Elektronik (11) Fashion (6) Food Tuck (1) Gadget (27) Game (3) Game Online (2) Gantungan Jilbab (1) Gantungan Kunci (1) Gantungan Tas (1) Gembok (1) Genset (1) Gitar (2) Glansie (1) Gopro (1) Hardisk (1) Headset bluetooth (1) Helm (6) Hewan (1) Hobi dan Olahraga (3) HP (10) Instalasi (3) Iphone (27) Jaket (2) Jam Tangan (6) Jasa (23) Jersey (1) Jupiter (1) Jupiter Z (1) Kamera (5) Karpet (1) Kartu Halo (3) Kartu Perdana (6) Kasur (1) Kavling (2) Kawasaki (1) Kebun (1) Kendaraan (5) Keperluan Pribadi (9) Kereta Bayi (1) Kipas Angin (1) Knalpot (1) Kontrakan (6) Korek (1) Kosmetik (1) Kost (8) Kredit (3) Kredit Motor (2) Kucing Persia (1) Kue (4) Kuliner (11) Kulkas (1) KYT (1) Laptop (44) Lenovo (6) Lukis (2) Madu (2) Mainan (2) Makanan (4) Matic (1) Mesin Cuci (1) Meubel (1) Miniatur (1) Mixer (1) Mobil (19) Modem (1) Motor (51) Nokia (1) Notebook (6) Oppo (10) Oven (1) Pakaian Olahraga (1) Pancake (1) Pasta Gigi (1) PC (3) Peliharaan (1) Perabot (1) Perhiasan (1) Perlengkapan Bayi (1) Print (2) Promo (3) Property (3) PS3 (10) Rental (3) Ruko (3) Rumah (16) RX King (2) Samsung (33) Satria (5) Scooter (1) Sepatu (8) Sepeda (3) Serba Serbi (28) Service (3) Sony (7) Sony Vaio (2) Speaker (3) Springbad (2) Stiker (1) Susu Belut (2) Sweater (1) Table (3) Tanah (5) Tas (2) Toshiba (6) Toyota (1) TV (3) Ukulele (1) Vapor (1) VGA (1) Vivo (1) Voucher (1) Website (1) Wifi (4) Xiaomi (11) Yataphone (1) Zebra (1)